Selamat Datang di Kurikulum MTs. NU Sitail Jatinegara

Perkemahan Jum'at Sabtu (Perjusa) MTs. NU Sitail Jatinegara Pelantikan Penggalang Ramu dan Rakit




Gugus Depan (Gudep) Pramuka MTs NU Sitail Jatinegara mengadakan Perkemahan Jum’at Sabtu (Perjusa) dalam rangka pelantikan Penggalang Ramu Rakit. Perjusa yang diadakan pada 21-22 Juli 2017 ini diikuti oleh 70 siswa kelas VII dan Kelas VIII.
Meskipun baru dimulai pada hari Jum’at (21/7), namun pendirian tenda sudah dilakukan pada Jumat pagi. Kegiatan Perjusa ini resmi dilaksanakan Jum’at siang pukul 13.30 sampai dengan Sabtu, 12.00 WIB.

Upaca pembukaan dimulai pada Jum’at Siang pukul 14.00 di halaman MTs NU Sitail Jatinegara. Sambutan Kamabigus yang diwakili oleh Kak Zubedah selaku Kakak Pembina dalam amanahnya menyatakan bahwa pramuka harus sigap, tanggap, dan cermat terhadap segala situasi dan kondisi. Persami melatih anak terampil, ketrampilan ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Pramuka juga mengajarkan kekompakan, kedisiplinan, dan gotong-royong. Dengan pramuka siswa menjadi pribadi yang tangguh.

Kak Zubedah dalam sambutan sebagai pembina pada upacara pembukaan Perjusa mengibaratkan pramuka seperti vas bunga yang terbuat dari tanah liat. Sebelum menjadi vas bunga yang indah dan siap dijual mengalami berbagai tahap pengolahhan yang rumit. Tanah liat disiram air, diinjak-injak, kemudian dibentuk menjadi vas bunga. Vas bunga yang masih basah dijemur kemudian setelah kering dibakar pada sihu yang tinggi. Setelah dingin baru dicat menjadi vas bunga yang indah, baru dipajang di toko.

Adapun materi kegiatan yang harus diikuti oleh peserta Persami ada 9 jenis. Materi pengetahuan Kepramukaan meliputi sejarah pramuka, lagu Indonesia Raya, Bendera Merah Putih, PBB, dan struktur organisasi pramuka.

Materi pengetahuan agama yang harus diikuti oleh peserta Persami adalah Rukun Iman, Rukun Islam, syahadat, dan materi Agama Islam yang lainnya.
Share this post :

Post a Comment

Statistik Blog

 
di Share Oleh : Tahmid | MTs. NU Sitail Jatinegara | MTs NU Sitail siap sekolah
Copyright © 2015. KURIKULUM MTs. NU SITAIL JATINEGARA - All Rights Reserved
Template by MTs. NU Sitail Jatinegara Modified by Tahmid
Proudly powered by Blogger